EKO-TREN (Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pesantren)

Instansi
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur
Inovator
Diskop UKM Jatim
Kategori
Jatim Sejahtera
Admin Inovasi
Diskop UKM Jatim
Tahun
2023
Status
Berlanjut Bereplikasi
Prestasi
Top 99 Sinovik 2022

Jawa Timur gudangnya pesantren menjadi kekuatan pendidikan dan dakwah. Dengan jumlahnya yang sangat besar, dalam upaya meningkatkan percepatan kesejahteraan masyarakat maka pelibatan pondok pesantren menjadi sangat penting dan urgent. EKO-TREN hadir sebagai penggerak kemandirian ekonomi pesantren untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengembangkan EKO – TREN (Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pesantren) Melalui Program One Pesantren One Product (OPOP) dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan santri, pesantren, dan alumni pondok pesantren. 

Santripreneur adalah Program pemberdayaan santri yang bertujuan menumbuhkan pemahaman dan ketrampilan santri dalam menghasilkan produk unik sesuai syariah yang berorientasi pada kemanfaatan dan keuntungan. Pemberdayaan Santri menjadi entrepreneur melalui laboratorium kewirausahaan, vokasional skill sebanyak 239.993 Santripreneur. 


Pesantrenpreneur adalah Program pemberdayaan ekonomi pesantren melalui Koperasi Pondok Pesantren yang bertujuan menghasilkan produk halal unggulan yang mampu diterima pasar lokal, nasional, dan internasional. Pemberdayaan Ekonomi Pesantren melalui Koppontren dan badan usaha lain sebanyak 750 ponpes.


Sociopreneur adalah Program pemberdayaan alumni pesantren yang disinergikan dengan masyarakat. Pemberdayaan dilakukan dengan beragam inovasi sosial, berbasis digital teknologi dan kreativitas secara inklusif. Pemberdayaan usaha alumni pesantren melalui sinergi dan kolaborasi dengan usaha ponpes dan masyarakat sebanyak 1029 alumni pesantren.


Informasi selengkapnya tentang EKO-TREN dan OPOP sila buka website: 

https://opop.jatimprov.go.id/ 


A. Faizin Karimi
2023-04-27 23:37:50

A. Faizin Karimi
2023-04-27 23:40:18
Klik untuk memperbesar

Download

Buku Panduan Inovasi
Belum Ada File
Dokumen Lain
Belum Ada File
Ada pertanyaan tentang Inovasi ini? Yuk, diskusikan lebih lanjut di Forum Replikasi
Forum Replikasi