JANETA MOBILE UNIT: Jasa Layanan Netra Melalui Mobil Unit Keliling Memberikan Rehabilitasi

Instansi
Inovator
FIRDAUS SULISTIJAWAN, S.Sos
Kategori
Jatim Akses
Admin Inovasi
Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur
Tahun
2020
Status
Berlanjut Bereplikasi
Prestasi
Top 30 Kovablik 2020

Pada 2018, Data BPS mengenai Potensi Desa menyatakan bahwa terdapat 5987 Desa/Kelurahan yang warganya menyandang disabilitas netra, dengan kisaran minimal 10 desa/kelurahan per kabupaten kota yang mempunyai penduduk dengan disabilitas netra. Hal ini tentunya menjadi PR bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memberikan layanan rehabilitasi yang bermanfaat bagi warganya. UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang adalah Unit Pelaksana Teknis milik Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang memberikan layanan rehabilitasi dalam panti bagi disabilitas netra di Jawa Timur dengan kuota 105 klien dan angka kelulusan 20 klien per tahun.

Berbagai macam jenis disabilitas diantaranya Disabilitas Mental, Disabilitas Fisik, Disabilitas Sensorik, Disabilitas Intelektual dan Disabilitas Ganda yang per Maret 2021 berjumlah 22.184 orang (sumber pemadanan data SIMPD & e-disabilitas). Didalamnya terdapat angka Disabilitas Sensorik yaitu Netra Low Vision dan Buta Total, yang masing-masing berjumlah 463 orang (Low Vision) dan 1447 orang (Buta Total). Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur memiliki UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang sebagai satu-satunya Panti Rehabilitasi bagi Penyandang Disabilitas Netra dengan kuota 105 klien dan meluluskan 20-25 orang per tahun. Permasalahan muncul ketika UPT tidak dapat memenuhi jumlah netra di Jawa Timur untuk mengikuti Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial berbasiskan Panti.

Menjawab permasalahan yang ada JANETA Mobile Unit adalah singkatan dari JAsa layanan NETrA, yaitu mobil unit keliling yang  menjangkau keluarga dan masyarakat yang memiliki anggota keluarga disabilitas netra.  Layanan yang diberikan yaitu vocational training, edukasi BTB, OM dan AD, visitasi dan konsultasi kepada komunitas disabilitas serta sosialisasi UPT Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. 


Rerica Dhea Shavila
2022-02-07 09:38:26

-
2022-02-07 09:38:26
Klik untuk memperbesar

Download

Buku Panduan Inovasi
Belum Ada File
Regulasi
Belum Ada File
Dokumen Lain
Belum Ada File
Ada pertanyaan tentang Inovasi ini? Yuk, diskusikan lebih lanjut di Forum Replikasi
Forum Replikasi