SEJIWA DENGAN JEMPOL: Selamatkan Jiwa Wanita dan Anak dengan Penandaan Jempol

Instansi
Inovator
dr. Erik Erawati
Kategori
Jatim Cerdas dan Sehat
Admin Inovasi
Puskesmas Jabon
Tahun
2019
Status
Berlanjut Berkembang
Prestasi
Top 30 Kovablik 2019

Kematian bayi khususnya masa neonatal disebabkan oleh BBLR (Bayi Baru Lahir Rendah), asfiksia dan kelainan kongenital. Hal ini terjadi karena beberapa kemungkinan antara lain dari faktor ibu dan janin itu sendiri. Akhirnya menghambat pertumbuhan hasil konsepsi dan atau merangsang terjadinya persalinan sebelum waktunya.
Beberapa faktor penyebab kematian ibu secara umum yaitu perdarahan, infeksi, dan hipertensi dalam kehamilan. Sedangkan status gizi yang buruk (Kekurangan energi Kronis) dan anemia merupakan penyebab tidak langsung kematian ibu. 

Berdasarkan program P4K (Program Perencanaan, Persalinan, Pencegahan komplikasi) Puskesmas Jabon, didapatkan angka 70% pada tahun 2017 dari target  100%.  Dampak kurangnya angka pencapaian P4K tersebut, menggambarkan ketidaksiapan ibu hamil dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya komplikasi pada saat hamil, bersalin dan nifas. Agar kelak mempunyai keturunan yang sehat dan ibu melahirkan dengan selamat, maka setiap ibu hamil harus dalam keadaan sehat dan perlu perencanaan dalam persalinan. Perencanaan persalinan tersebut misalnya kendaraan yang akan dipakai untuk menuju ke fasilitas pelayanan kesehatan, asuransi kesehatan untuk persalinan dan pendonor darah jika membutuhkan transfusi darah.Berawal dari permasalahan diatas, Tim Mutu Puskesmas Jabon yang terdiri dari unsur dokter, bidan, nutrisionis dan perawat berjumlah 8 orang mengadakan rapat internal untuk membahas rencana solusi permasalahan tersebut. Hasil rapat internal dilaporkan kepada Kepala Puskesmas Jabon. Kemudian Kepala Puskesmas menganbil kebijakan untuk mengadakan Minilokakarya Tribulanan Lintas Sektor guna menyepakati solusi permasalahan.

Hasil mini lokakarya tribulan lintas sektor menyepakati dibentuknya program inovasi Selamatkan Jiwa Wanita dan Anak dengan penandaan Jempol atau disingkat SEJIWA dengan JEMPOL. Program ini diawali dengan membuat perjanjian kerjasama antara Puskesmas Jabon dengan bapak Camat Jabon


Rerica Dhea Shavila
2022-02-07 08:38:02

Rerica Dhea Shavila
2022-02-07 08:38:46
Klik untuk memperbesar

Download

Buku Panduan Inovasi
Belum Ada File
Regulasi
Belum Ada File
Dokumen Lain
Belum Ada File
Ada pertanyaan tentang Inovasi ini? Yuk, diskusikan lebih lanjut di Forum Replikasi
Forum Replikasi