ENGLISH MASSIVE (EMAS): Kursus Bahasa Inggris Gratis

Instansi
Dinas Pendidikan Kota Kediri
Inovator
Chevy Ning Suyudi
Kategori
Jatim Cerdas dan Sehat
Admin Inovasi
Dispendik Kota Kediri
Tahun
2021
Status
Berlanjut Lancar
Prestasi
Top 30 Kovablik Jatim 2021

English-Massive (EMAS) merupakan inisiatif Pemkot Kediri untuk mewujudkan aspirasi warga terhadap akses belajar Bahasa Inggris. Dinas Pendidikan Kota Kediri ditunjuk sebagai leading sector untuk meningkatkan daya saing masyarakat di era industri 4.0. EMAS juga dibentuk untuk mewujudkan pendidikan berkualitas yang merupakan tujuan ke-4 SDGs yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang setara, inklusif dan mendukung pembelajaran seumur hidup. 

Prinsip community empowerment, participatory governance, dan community-based learning diadaptasi untuk menciptakan pembelajaran dengan memaksimalkan keterlibatan warga dalam program dan mendukung peningkatan IPM. Kurikulum EMAS berfokus pada speaking skill dengan metode pengajaran yang fun didampingi oleh Tutor terpilih. Kemampuan partisipan dipantau melalui level test dan kompetisi tahunan seperti storytelling, speech dan drama. 

Adanya target capaian tahunan, kurikulum, silabus, modul, pelatihan dan pengembangan kompetensi Tutor bekerja sama dengan instansi lain dan daftar hadir Tutor berbasis Android merupakan bentuk keseriusan EMAS untuk memberikan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat. 

Pada awal terbentuknya, kuantitas partisipan menjadi target utama, tercatat jumlah partisipan mencapai 2000 lebih. Tahun 2017, EMAS berfokus terhadap sebaran partisipan di seluruh 46 Kelurahan. Tahun 2018, kurikulum, silabus, modul pembelajaran dan pelatihan tutor meningkatkan kualitas pembelajaran yang hasilnya terlihat di 2019, dimana 39,9% partisipan YL dan 37,1% partisipan YA/A lulus level test. 

Tahun 2020, EMAS bekerja sama dengan instansi lain dalam pelatihan tutor, intensif membuat konten pembelajaran di media sosial, dan menyelenggarakan kompetisi untuk umum. Banyak strategi telah dilakukan terkait keberlanjutan program sehingga manfaat program bisa berdampak jangka panjang, seperti strategi institusional, sosial, dan manajerial. Keberhasilan EMAS ditentukan oleh komitmen pimpinan terhadap program, soliditas dan kompetensi SDM yang terlibat, dukungan dan keterlibatan masyarakat, pencapaian partisipan yang terlihat dari progres belajar maupun prestasinya. EMAS diadopsi oleh Qurma (Quran-Massive) untuk mewujudkan generasi Qur'ani di Kota Kediri. Meskipun demikian, EMAS masih menghadapi beberapa tantangan seperti kompetensi tutor belum merata, turunnya jumlah partisipan di masa pandemi, dan beberapa titik yang belum tersentuh program ini.


A. Faizin Karimi
2022-01-09 21:40:38

A. Faizin Karimi
2022-01-10 05:45:38
Klik untuk memperbesar

Download

Buku Panduan Inovasi
Belum Ada File
Regulasi
Belum Ada File
Dokumen Lain
Belum Ada File
Ada pertanyaan tentang Inovasi ini? Yuk, diskusikan lebih lanjut di Forum Replikasi
Forum Replikasi