SUPER KEREN: Suara Perempuan dan Kelompok Rentan

Instansi
Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Trenggalek
Inovator
dr. Ratna Sulistyowati, M.Kes.
Kategori
Jatim Amanah
Admin Inovasi
Dinsos PPPA Trenggalek
Tahun
2021
Status
Berlanjut Lancar
Prestasi
Top 30 Kovablik Jawa Timur Tahun 2021

SUPER KEREN atau Suara Perempuan dan Kelompok Rentan merupakan insiatif yang dilakukan dari dua sisi, yaitu menyediakan ruang partisipasi bagi perempuan dan kelompok rentan dalam perencanaan secara berjenjang, dan meningkatkan kapasitas mereka untuk dapat melakukan advokasi kebijakan yang berpihak. 

Pertama yaitu ruang partisipasi bernama Musrena Keren (Musyawarah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan Lainnya). Dilaksanakan mulai tingkat Desa, Kecamatan, dan Kabupaten, serta sudah terintegrasi dengan Musrenbang regular. Kedua yaitu peningkatan kapasitas bernama SEPEDA KEREN (Sekolah Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan Lainnya). SEPEDA KEREN menjadi Pendidikan alternatif agar mereka mempunyai pengetahuan, keterampilan, sikap hidup yang kuat dalam mengakses, berpartisipasi penuh dan mengisi posisi Kontrol pembangunan melalui pembelajaran di komunitas.

SUPER KEREN memberikan ruang partisipasi bagi perempuan dan kelompok rentan di satu sisi tidak hanya terlibat dalam forum perencanaan pembangunan khusus Musrena Keren. Di sisi lain, juga melahirkan kader yang mampu merancang dan mengadvokasi ke pemerintah tentang sejumlah isu publik yaitu Desa Ramah Perempuan, Desa Ramah Disabilitas, Desa Ramah Anak, Desa Peduli Migran, Desa Tuntas Adminduk, Komitmen Pencegahan Perkawinan Anak, Angkutan Pelajar untuk Disabilitas, Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Klinik Sosial Desa, Pelatihan Wira Usaha bagi Perempuan/ Disabilitas, Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat di Desa.

Dalam jangka panjang MUSRENA KEREN dan SEPEDA KEREN akan berkontribusi signifikan terhadap pembangunan inklusifPara Kader dapat memanfaatkan SDGs sebagai alat tagih kepada pemerintah Desa/ Kecamatan/ Kabupaten untuk memenuhi hak-hak mereka, mewujudkan kesetaraan gender serta pengarusutamaan gender dalam pembangunan.

Apabila perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan terkapasitasi dengan baik mereka akan mampu berpartisipasi dalam pembangunan yang pada akhirnya akan mempercepat pencapaian tujuan SDGs

Dengan SUPER KEREN, perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan dapat: Menerima akses/ruang untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan, Berpartisipasi dalam proses perencanaan pembangunan, Melakukan kontrol terhadap proses pembangunan, dan Merasakan manfaat dari proses pembangunan.


A. Faizin Karimi
2021-12-31 21:54:02

A. Faizin Karimi
2022-01-23 11:55:31
Klik untuk memperbesar

Download

Regulasi
Belum Ada File
Dokumen Lain
Belum Ada File
Ada pertanyaan tentang Inovasi ini? Yuk, diskusikan lebih lanjut di Forum Replikasi
Forum Replikasi