PENITY BREAST SHIELD RSUD DR.SOETOMO: Pelindung ASI Paling Safety Meminimalisir Paparan Virus

Instansi
Inovator
Sulianah, SST., M. Keb
Kategori
Jatim Cerdas dan Sehat
Admin Inovasi
RSUD Dr Soetomo Surabaya
Tahun
2021
Status
Berlanjut Berkembang
Prestasi
Top 30 Kovablik 2021

UU No 36 tahun 2009 tentang kesehatan menyebutkan setiap bayi berhak mendapatkan ASI eksklusif sejak dilahirkan selama 6 bulan kecuali atas indikasi medis. Bila bayi tidak mendapat ASI eksklusif, berisiko sampai dengan kematian. Sehingga RSUD DR Soetomo berinovasi Inovasi ini dengan nama Penity  (Pelindung Asi Paling Safety Breast Shield, yang merupakan perpaduan Spuit Modifikasi Penghasil Asi dan Breast Shield. Penggunaan spuit modifikasi didukung Breast Shield, berfungsi meminimalisir paparan virus di lingkungan.

Cakupan ASI Eksklusif di Ruang Merpati RSUD Dr. Soetomo Tahun 2017 37%. Rendahnya capaian ASI eksklusif disebabkan ASI tidak keluar, ASI sedikit, puting susu kurang menonjol,gencarnya promosi sufor. Hal ini mendukung inovator membuat Inovasi Spuit Modifikasi Penghasil ASI. Setelah diaplikasikan tahun 2019, capaian ASI meningkat menjadi 84%. Pandemi Covid-19 menyebabkan ibu probable covid tidak dilakukan rawat gabung dengan bayi  dikarenakan potensial terjadi penularan infeksi. Hal ini menyebabkan penurunan capaian ASI eksklusif pada tahun 2020 menjadi 60%.

Mengatasi problematika yang ada, rumah sakit Dr. Soetomo memberikan sebuah inovasi Breast Shield merupakan penyempurnaan inovasi dari Spuit Modifkasi Penghasil ASI, yang berfungsi untuk merangsang pengeluaran produktiftas ASI dan meminimalisir paparan virus ketika ibu memompa ASI.

Breast Shield dapat di pakai kembali setelah dilakukan pencucian di laundry pusat rumah sakit. Untuk masyarakat luas, pencucian bisa dilakukan dengan menggunakan deterjen. Spuit modifkasi penghasil ASI dan Breast Shield dapat membantu ibu pasca melahirkan dengan probable Covid 19 dalam memberikan ASI eksklusif khususnya selama di rawat di Rumah Sakit hingga berlanjut dirumah.


Rerica Dhea Shavila
2021-12-27 06:52:03

A. Faizin Karimi
2022-01-09 20:34:39
Klik untuk memperbesar
Ada pertanyaan tentang Inovasi ini? Yuk, diskusikan lebih lanjut di Forum Replikasi
Forum Replikasi