Jatim Pionir Penerapan Paperless pada Kovablik 2020

Jatim Pionir Penerapan Paperless pada Kovablik 2020

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Bapak M. Hadi Wawan Guntoro, saat menerima kunjungan Times Indonesia menuturkan bahwa Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) atau yang dikenal dengan Kompetisi SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) merupakan replikasi dari penyelenggaraan KOVABLIK (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) yang dulu bernama UPP (Unit Pelayanan Publik) yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

KOVABLIK (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) Provinsi Jawa Timur tahun ini tidak lagi memanfaatkan banyak kertas, peserta kompetisi juga diharapkan sebisa mungkin tidak menggunakan kertas atau paperless. Penerapan paperless tersebut merupakan bagian dari adaptasi pelayanan publik terhadap kemajuan jaman dan inovasi pelayanan publik menuju digitalisasi.

Pelayanan publik seperti permohonan dan pengajuan harus mampu memanfaatkan teknologi berbasis digital. Begitu juga dengan pengarsipan, sebisa mungkin meminimalisir penggunaan kertas. Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur sudah menerapkan paperless dan menggunakan server DISKOMINFO Provinsi Jawa Timur untuk pengarsipan, sehingga kertas dan dokumen sudah tidak boleh lagi menumpuk di meja kerja.

Saat ini sebanyak 37 inovasi dari Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur diajukan dalam SINOVIK 2020 yang pendaftarannya berakhir pada 10 Mei 2020 lalu, dimana paling banyak didominasi oleh pelayanan bidang kesehatan. Pandemi COVID-19 secara tidak langsung memengaruhi kesiapan peserta, namun Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur tetap semangat untuk berpartisipasi mengikuti Kompetisi SINOVIK KemenPANRB dan KOVABLIK JATIM 2020. Semoga ke depan lebih banyak lagi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur yang mengikuti kompetisi ini.