Selamat Datang di Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur

Salam Inovasi..!

Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur (JIPPJATIM) diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Biro Organisasi bersama program TRANSFORMASI (Transforming Administration-Strengthening Innovation) yang diimplementasikan oleh Deutsche Gesellschaft fuer Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. TRANSFORMASI merupakan program kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jerman. Selain Biro Organisasi dan TRANSFORMASI, pembentukan JIPPJATIM juga melibatkan perguruan tinggi, media massa, organisasi masyarakat sipil, dan mitra pembangunan lainnya (KINERJA-USAID dan KOMPAK).

Dibentuk sebagai sarana penyebarluasan dan pembelajaran inovasi pelayanan publik yang dikembangkan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten-kota di Jawa Timur. Dari situs JIPPJATIM para penyedia pelayanan publik di Jawa Timur dapat saling belajar dan bertukar informasi tentang praktik dan program inovatif yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Praktik dan program inovatif tersebut tersebar di unit pelayanan publik di bawah pemerintah provinsi maupun kabupaten-kota.

Inovasi pelayanan publik tumbuh subur di Jawa Timur, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten-kota. Hal itu dapat dilihat dari dominasi Jawa Timur pada acara-acara kompetisi inovasi maupun berbagai dokumentasi inovasi pelayanan publik yang disusun oleh beberapa lembaga. Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) tiga tahun terakhir, misalnya, inovasi-inovasi dari Jawa Timur selalu mendominasi daftar TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik. 

Inovasi-inovasi yang ditampilkan dalam situs JIPPJATIM ini dihimpun dari berbagai sumber. Di antaranya dari SINOVIK, UNfGI (University Network for Government Innovation) yang bermarkas di Universitas Gadjah Mada (UGM), APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), dan JPIP (Jawa Pos Institute of Pro Otonomi). 

Dari situs ini, para pelayan publik dan masyarakat umum dapat berinteraksi langsung dengan orang-orang yang berada di balik inovasi yang ditampilkan. Sebab, pada setiap inovasi yang diunggah sudah dilengkapi dengan contact person melalui telepon maupun email. Tak ketinggalan, kami juga mengundang masyarakat untuk memberikan masukan dan komentar atas inovasi yang ditampilkan. Selain itu, lewat situs JIPPJATIM ini warga Jawa Timur dapat menyampaikan keluhan atas pelayanan publik yang diterima. Keluhan pelayanan publik tersebut akan diteruskan ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Timur untuk ditindaklanjuti. 

Selamat berinovasi!

Didukung oleh
NEWSLETTER

Daftarkan alamat email Anda di sini untuk mendapatkan berita terbaru dari Direktori JIPPJATIM