SELASIH Yang Menyembuhkan di RSUD Bojonegoro

Rabu, 22 Juni 2016 - 00:07 WIB
©RSUD Dr R Sosodoro

RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoeosemo merupakan salah satu Rumah Sakit milik Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Sebagai Rumah Sakit Rujukan di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya (Kabupaten Blora, Tuban dan Lamongan) RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo menjadi salah satu RS pilihan untuk mencari pengobatan paripurna. Namun demikian masih banyak keluhan terkait pelayanan di RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo, di antaranya pelayanan petugas yang kurang baik dan lingkungan RS yang kurang nyaman.

Berdasarkan pada kondisi tersebut maka pimpinan RS bersama dengan pihak manajemen RS berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan program inovasi “ SELASIH (Sehat dengan Layanan Welas Asih).” Ini merupakan program inovasi peningkatan kualitas pelayanan di Rumah Sakit yang memberikan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan prinsip – prinsip kasih sayang terhadap sesama dalam memberikan pelayanan dan pengambilan kebijakan di Rumah Sakit, melayani pasien layaknya keluarga sendiri serta semangat bekerja yang tulus dan ikhlas untuk meringankan penderitaan orang lain.

Dengan penerapan program Inovasi Layanan RS Welas Asih maka akan tercipta rasa kekeluargaan dan kasih sayang antara pasien dengan petugas RS. Tujuan Rumah Sakit Welas Asih adalah ingin memenuhi harapan dan kebutuhan pasien dengan memberikan pelayanan yang dilandasi rasa kasih sayang, sehingga dapat mempercepat upaya kesembuhan pasien dan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan Rumah Sakit.

Layanan RS welas asih juga bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan petugas dalam berkerja di RS dan juga mendorong RS untuk tumbuh dan berkembang. Layanan Welas Asih dimulai pada 2014. Berbagai gerakan dilaksanakan dalam mendukung layanan welas asih ini, diantaranya : gerakan temu pasien, gerakan buang sampah pada tempatnya, gerakan layanan konsultasi dan informasi pasien dan berbagai kegiatan lainnya.

Upaya perwujudan Rumah Sakit welas asih telah memberikan kontribusi dalam perbaikan pelayanan di RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo. Keluhan terkait sikap dan perilaku petugas semakin berkurang. Bahkan pada 2015 sudah mulai ada apresiasi positif masyarakat yang disampaikan melalui berbagai media terkait pelayanan di Rumah Sakit. 

Sumber: Top 99 Inovasi Pelayanan Publik SINOVIK 2016-Kemen PANRB

Informasi Selengkapnya: Download PDF
Kategori: Kesehatan
Personal Kontak : Reyta Noor Oktandari
Instansi : RSUD Dr R Sosodoro



Komentar:
img

Fathul Yasin

24/11/2016 - 15:40

Yuk tingkatkan pelayanan di RSUD, penting buat masyarakat


Didukung oleh
NEWSLETTER

Daftarkan alamat email Anda di sini untuk mendapatkan berita terbaru dari Direktori JIPPJATIM